Sabtu, 02 Januari 2016

REPLY 1988; mengingat betapa indah dan berarti-nya kehidupan


'mbeeeekkk'

bagi orang-orang yang udah pernah nonton Reply series, pasti ga asing deh sama suara itu.
iya, itu suara kambing, tapi itu bukan sekedar suara kambing biasa. itu suara yang menggambarkan adegan kocak lucu di setiap drama 'Reply'. 

'Reply' adalah drama berlatar belakang masa lalu yang diproduksi oleh tv cable korea, TvN.
'Reply' ini sendiri sebenarnya berarti 'mengulang', atau lebih tepatnya mengingatkan tentang kejadian-kejadian dan kehidupan orang-orang di tahun-tahun yang lampau.
Reply dapat dikatakan sebagai series (franchise), karena sejauh ini sudah terdiri dari tiga judul, yaitu :

1. Reply 1997


2. Reply 1994


3. Reply 1988


masing-masing judul sebenarnya tidak terkait satu sama lain, jadi ga masalah kalau ga nonton semuanya. namun uniknya, ada pemeran yang selalu sama di setiap reply series, yaitu peran 'ayah dan ibu', yang kedua-duanya selalu diperankan oleh orang yang sama, yaitu Sung Dong Il dan Lee Il Hwa. hehe, ada-ada aja ya? mereka berdua trademark reply banget deh pokoknya.


anyway, tiap drama 'reply' selalu memusatkan ceritanya pada tahun-tahun tertentu sesuai dengan judulnya. jadi, reply 1997 berpusat pada trend di tahun 1997an, reply 1994 berpusat pada kehidupan di tahun 1994an, begitu juga reply 1988 berpusat pada kehidupan di tahun 1988an.

nah, dari semuanya nih, Reply 1988 adalah drama Reply yang paling bagus menurutku.
Reply 1988 tidak hanya memusatkan pada kehidupan tokoh utama-nya, dan juga tidak melulu tentang romance. Reply 1988 lebih family-oriented, heart-warming, funny, dengan tidak menghilangkan unsur romance di dalamnya.
Reply 1988 menceritakan tentang kehidupan lima orang sahabat dari kecil, dan keluarga mereka, yang mana mereka semua tinggal bersebelah-sebelahan.

tokoh lima orang sahabat yang kusebut sebelumnya, terdiri dari :
  • Dukseon (Hyeri GsD)


Dukseon tuh asli imut bangeeet. karakter tokoh utama cewek yang ga bakal bisa dibenci. dia kadang keliatan aneh dan absurd, tapi sebenarnya dukseon itu baik dan polos. sifatnya yang tomboyish, caring, dan apa adanya membuatnya disayang oleh semua orang. nah, dia satu-satunya cewek di antara lima sekawan ini.
  • Junghwan (Ryu Junyeol)


Junghwan itu tsundere. tau tsundere kan? yang terlihat dingin dan cuek di luar, tapi sebenarnya baik dan caring di dalam. meski wajahnya bukan tipikal 'cowok ganteng', tapi sifatnya yang 'charming' dengan mudah bisa bikin kita jatuh cinta sama dia. oh iya, junghwan pintar lho.
  • Taek (Park Bogum)


Kalau boleh disamain sih, taek ini ibarat anak kucing. Imut dan polos banget, yang saking imut dan polosnya, bikin semua orang pengen ngejagain dia (included me!). tapi jangan salah, taek langsung berubah manly lho kalau udah berurusan sama Baduk (Igo). Taek ga ikut sekolah formal seperti teman-temannya yang lain, karena dia adalah Professional Baduk Player yang biasa ikut kompetisi mancanegara. Taek yang sedang bersama dengan teman-temannya, dan taek yang sedang ikut kompetisi bisa keliatan beda banget.
  • Sunwoo (Go Kyung Pyo)


Sunwoo ini dewasa banget. dia pintar, filial son, kakak yang baik, dan ga pernah macem-macem. setiap liat adegan dia sama jinjoo (adik perempuannya yang masih kecil), pasti ga bisa berhenti senyum. sweet banget soalnya. sunwoo ini ideal husband banget deh. 
  • Dongryong (Lee Dong Hwi)


kalau yang satu ini clown banget. tukang ngebanyol yang tingkahnya ada-ada aja. tapi kalau ga ada dongryong, pasti rasanya ga lengkap. Dongryong ini benci banget belajar, padahal ayahnya adalah kepala sekolah di sekolah-nya. di antara lima sekawan ini, menurutku dongryong paling klop sama dukseon, soalnya sama-sama bodoh hahaha.

nah, meskipun mereka berlima bisa dibilang adalah tokoh utama drama ini, namun tokoh-tokoh lainnya tetep ga kalah penting.
  • Bora (Ryu Hye Young)


kakak perempuan dukseon yang terkenal pintar dan super galak. namun di balik muka jutek-nya, bora sebenarnya baik. ia hanya tidak pandai dalam mengungkapkan perasaannya. di awal episode kita bisa benar-benar dibuat kesal dengan tingkahnya, tapi perlahan kita akan ditunjukan beragam sisi manis dari bora yang membuatnya menjadi tidak kalah lovable dari dukseon.
  • Jung Bong (Ahn Jae Hong)


Kakak dari Junghwan ini tidak pernah lulus ujian masuk universitas yang membuatnya menjadi pengangguran di rumah dan selalu saja mengerjakan hal-hal yang tidak berguna. anehnya ia pintar dalam hal-hal tidak berguna itu. tapi di balik semua itu, jungbong adalah orang yang ceria dan diam-diam romantis. selama menonton reply 1988, kita akan selalu dibuat tertawa oleh tingkahnya.
  • No Eul (Choi Sung Won)

adik dari Dukseon dan Bora yang wajahnya terlihat lebih tua dari umurnya. entah kenapa No eul paling klop dengan Jung Bong.
  • Jin Joo (Kim Sul)


Super cute little sister of Sunwoo. Jin Joo ngegemesin banget deh, setiap liat dia pasti bawaannya senyam-senyum sendiri.
  • All adults

nah, ini yang sebenarnya paling membedakan antara Reply 1988 dengan Reply series lainnya. di drama yang satu ini, adults nya banyak banget. Sung Dong Il dan Lee Il Hwa tidak lagi mendominasi, malah dapet 'temen' hihi. terus tingkah mereka semua lucu-lucu banget, suka ada-ada aja.
  • Dukseon's friends

adegan mereka sih sebenarnya ga banyak, tapi tanpa mereka, hidup dukseon pasti kurang lengkap di sekolah.

nah, hal yang aku suka dari Reply 1988 adalah semua tokoh memiliki cerita bagiannya masing-masing, yang menjadikan setiap bagian dari drama ini menjadi menarik. ga ada deh istilah 'boring' setiap nonton per episodenya. semua tokoh-nya terasa hidup, dan cerita tentang kehidupan mereka dapat dengan mudah kita hubungkan dengan kehidupan kita sendiri di dunia nyata. ceritanya simpel, tapi setiap episode nya bermakna. ga jarang scene-nya selain bisa membuat kita tertawa terbahak, tapi juga bisa membuat kita menangis. banyak aspek dari drama ini yang mengajarkan kita kebaikan dan arti dari kehidupan.

menariknya, di Reply 1988 ga ada tokoh antagonis. setiap tokoh mempunyai masalah masing-masing, make mistakes, punya kekurangan, tapi tokoh-tokoh itu menunjukkan kalau mereka hanyalah manusia sebagaimana umumnya. 

ngomong-ngomong, berhubung agamaku adalah islam, setiap nonton Reply 1988 aku jadi selalu kepikiran salah satu anjuran Nabi Muhammad SAW dalam islam untuk saling menghormati antar tetangga. meskipun Reply 1988 jelas ga ada kaitannya dengan islam, tapi kehidupan bertetangga yang digambarkan di Reply 1988 ini persis banget sama bayangan kehidupan bertetangga yang dianjurkan Nabi Muhammad SAW dalam islam.
wah, andai aja ya setiap orang di dunia ini bertetangga layaknya tokoh-tokoh di Reply 1988, saling membantu dan saling menghormati seperti itu, pasti hidup rasanya damai banget.

well, sekian dulu ya review Reply 1988 nya.
Best drama in 2015 in my opinion. layak banget untuk ditonton, baik oleh anak-anak, remaja, bahkan orang dewasa.


***

HAPPY NEW YEAR 2016 everyone !!
semoga di tahun yang baru ini, banyak hal menyenangkan yang akan terjadi.
have a good day to each of you.

0 komentar:

Posting Komentar

 

J U S T M Y S M A L L R O O M Template by Ipietoon Cute Blog Design