Senin, 04 Mei 2020

THAI DRAMA review (Part 1)

halo semua !

waaaaah, ga kerasa udah tahun 2020 aja ya.
terakhir posting di blog ini pas masih 2019 lho.
time flies so fast.
dan bener-bener ga nyangka juga kalau 2020 tiba-tiba berubah menjadi tahun 'pandemic' karna adanya virus corona Covid-19.
awal tahun 2020 akhirnya jadi lebih banyak dihabiskan di rumah aja deh karna social distancing / quarantine.

anyway, selama masa-masa quarantine ini, aku jadi banyak banget meng-explore film dan drama series buat ditonton.
mulai dari drama china, drama korea, sampai drama thailand.
cause it's so boring and idk what to do anymore πŸ˜›

drama korea sih udah sering banget ya aku tonton, bahkan hampir semua review aku di blog ini adalah review drama korea.
kalo drama cina, hmm.. sebenernya aku mau bikin tulisan review juga sih karna aku lagi suka banget sama genre drama wuxia / xianxia. tapi untuk sekarang, aku skip dulu ya, mungkin bakal aku bahas di tulisan selanjutnya.

nah, yang sekarang lagi mau aku bahas di tulisan ini adalah..
Drama Thailand !
πŸ’“πŸ’“πŸ’“πŸ’“
sebetulnya drama thailand bukan sesuatu yang asing sih buat aku, karena di tahun-tahun sebelum ini aku juga udah beberapa kali nonton drama thailand.
misalnya full house remake, u-prince series, back to 90s, sand princess, dan lainnya.

TAPI, baru pada saat quarantine ini, aku akhirnya menemukan drama thailand yang menurutku bagus banget dan saking bagusnya aku sampe ketagihan nontonnya.
makanya, akhirnya kuputuskan aku harus banget bikin review !

and here it is..

1. LOVE DESTINY (BUPPESANNIVAS)


inilah drama thailand pertama yang membawaku ke gerbang fans thai-drama.
gimana engga. drama ini sukses bikin aku baper maksimal dan gabisa berhenti senyam-senyum dan ketawa-ketiwi seharian.
judulnya :

BUPPESANNIVAS / LOVE DESTINY.

sebetulnya, aku nonton drama ini awalnya bener-bener cuma iseng.
temenku pernah bilang ada drama thailand di netflix yang mirip drama indosiar (drama-drama kolosal kerajaan gitu maksudnya).
nah karna kebetulan aku lagi bosen sama drama korea dan drama cina, aku coba aja iseng cari drama-nya. mau tau aja, ceritanya tentang apa sih..

eh berawal dari iseng-iseng, ternyata aku gabisa berhenti nonton haha.

awalnya emang dramanya bener-bener 'sinetron' banget sih. kalau mau coba nonton drama ini, kalian harus sabar atleast satu episode aja untuk bisa tau keseruan drama ini.

Drama ini awalnya menceritakan tentang sosok perempuan yang hidup di zaman kerajaan ayutthaya, thailand, yang bernama Karaked.
Karaked ini adalah gadis bangsawan, yang meskipun kaya raya dan cantik, tapi sifatnya jeleknya minta ampun.
Ia sombong, malas melakukan pekerjaan rumah tangga, memperlakukan pelayan-nya dengan sangat kasar, tidak menghormati orang yang lebih tua, ringan tangan (sering memukul orang lain dengan kasar), dan sangat pencemburu.

Karaked punya tunangan bernama Det, dan ia tinggal di rumah Det bersama keluarga Det. tapi karena sifat jahat Karaked, Det dan keluarga Det ini sangat benci sama Karaked. satu-satunya orang yang masih mempertahankan Karaked untuk bertunangan dengan Det hanyalah ayah Det, yang merupakan sahabat baik ayah Karaked.

Karaked sangat benci dengan Lady Chanwat, anak dari rekan kerja ayah Det yang berparas cantik dan santun, karena menarik perhatian Det.
akhirnya suatu hari ia membuat rencana jahat untuk mencelakai Lady Chanwat.
Karaked memaksa pelayannya untuk membalik-kan perahu Lady Chanwat agar Lady Chanwat tenggelam. tetapi, Lady Chanwat berhasil selamat dan pelayan Lady Chanwat-lah yang meninggal karena tenggelam.

Akibat kejadian nahas tersebut, keluarga Det membacakan mantra suci bernama mantra Kritsana Kali untuk menghukum orang jahat yang mencoba membunuh Lady Chanwat.
karena Karaked bersalah, mantra ini berhasil mencelakai Karaked dan membunuhnya sebagai hukuman atas perbuatan jahatnya selama hidup.

sebelum meninggal, Karaked berdoa memohon ampun kepada Budha atas dosa-dosanya. jiwanya pun akhirnya terbang ke zaman modern dimana ia dipertemukan dengan sosok Ketsurang, yang tertimpa kecelakaan mobil hingga meninggal.
Karaked kemudian memohon kepada jiwa Ketsurang untuk hidup dengan tubuh Karaked dan melakukan perbuatan baik dengan tubuh-nya agar ia bisa terbebas dari siksa neraka.
karena Ketsurang memiliki sifat yang baik, ia pun berjanji akan menolong Karaked agar terbebas dari siksa neraka.
Jiwa Ketsurang pun akhirnya terbang ke zaman kerajaan ayutthaya, dan ia terbangun dengan tubuh Karaked.

nah, setelah itu baru deh mulai masuk ke inti cerita, yaitu tentang Ketsurang yang hidup dalam tubuh Karaked.

bisa bayangin ga sih, cewek modern, yang sebenarnya anak baik-baik, tiba-tiba dipaksa hidup di zaman kerajaan dahulu kala, memakai tubuh orang lain, dan tiba-tiba di cap jahat sama semua orang.
it's a total mess buat ketsurang.

dia bahkan gatau harus nanya tentang keanehan ini sama siapa dan akhirnya kerap berbicara sendirian, sampai orang-orang men cap dia 'gila'. untungnya ketsurang ini di zaman modern belajar tentang antropologi dan sejarah kerajaan thailand, makanya dia ga clueless clueless banget setelah hidup sebagai karaked.

kita bisa dibuat ketawa ngakak melihat tingkah ketsurang dalam tubuh karaked dan interaksi nya dengan orang-orang.
karaked yang tadinya jahat, tiba-tiba berubah jadi baik dan manis banget. pelayan karaked yang dulunya sering diperlakukan ga manusiawi, malah dipanggil kakak setelah ketsurang masuk ke tubuh karaked.
karaked juga berubah jadi wanita yang rajin masak, rajin berdoa, dan haus akan ilmu pengetahuan.
membuat semua orang terheran-heran dengan sikap karaked yang berubah 360 derajat.

Det yang awalnya benci banget sama karaked, akhirnya lama-lama luluh dengan ketsurang yang berada dalam tubuh karaked. dia jadi suka banget sama sosok karaked yang baru.

selain kisah ketsurang dalam tubuh karaked, drama ini juga menceritakan tentang sejarah kerajaan ayutthaya. sosok Ketsurang yang sangat menyukai sejarah, jadi poin penting dalam perkembangan drama ini. Ketsurang (karaked) bukan hanya sekedar menjadi gadis bangsawan yang cantik, tapi pengetahuan modern yang ia punya membuatnya menjadi gadis tangguh yang smart banget.

ga heran kalo drama ini populer sampe ke banyak negara bukan cuma thailand.
drama ini paket lengkap banget deh pokoknya. super entertaining.
a - must - watch drama banget !

nilainya 10/10 kalo buatku.
SUKA BANGET sama Ketsurang dan Det πŸ’“ uwuu banget.


2. THONG EK : THE HERBAL MASTER


nah, setelah love destiny tamat, aku kaya gabisa move on gitu.
pengen nonton drama lain yang mirip-mirip sama love destiny.

untungnya, netflix menyediakan series thailand lain yang juga berlatar belakang di zaman kerajaan ayutthaya. judulnya : Thong Ek, the herbal master.

pas aku liat pemeran utamanya mario maurer, wah langsung kumasukin list tontonan, ga pake pikir pikir lagi. kangen banget soalnya ngeliat mario maurer. πŸ˜†

dan aku ga menyesal nonton drama ini ! karena drama nya ternyata high quality dan baguuus !
ga kalah sama love destiny.
salah satu aktor di drama love destiny pun main di drama ini.

nah, menariknya, cerita drama ini ga cuma berfokus pada romance aja. kalau di love destiny kita diajak belajar tentang sejarah kerajaan ayutthaya, di drama ini kita diajak belajar tentang tumbuhan herbal untuk pengobatan.

Thong ek: the herbal master bercerita tentang seorang pria sederhana bernama Thong ek (mario maurer) yang sangat ingin menjadi tabib (ahli herba) seperti kakeknya.

meskipun terlihat cengengesan dan banyak tingkah, tapi Thong ek adalah pemuda yang tekun belajar dan cerdas dalam hal obat-obatan.

keahlian nya bahkan membuat seorang gadis bangsawan bernama Chaba, yang awalnya selalu bertengkar dengan Thong ek, memutuskan bercita-cita menjadi ahli herba dan berguru dengan Thong ek.

drama ini berfokus ke cerita bagaimana Thong Ek akhirnya berhasil menjadi herbal master seperti impiannya, dan hubungan cinta-nya dengan Chaba yang awalnya tidak ia duga.

interaksi antara Thong Ek dan Chaba ini gemesin banget, bikin kita ga bisa berhenti senyam-senyum setiap ngeliat mereka berdua. so cuteee !

beberapa adegan dalam drama ini juga kocak banget, apalagi dengan adanya tokoh sahabat Thong Ek dan Chaba yang super konyol.

pokoknya drama ini fun to watch deh.
a - must - watch juga !


3. KLEUN CHEEWIT (waves of life)



AAAAAAH and i also LOVE THIS ONE soo much !
best thai drama in my life.
drama yang satu ini bahkan literally bikin aku terobsesi sama aktor-aktornya : Urassaya Sperbund dan Mark Prin Suparat 😍

sumpah, sebagus itu.

well, kalau drama Love Destiny dan Thong Ek bisa bikin kita senyam senyum dan ketawa ngakak nontonnya, drama ini justru sebaliknya.
ceritanya penuh kebencian, DRAMA, dan kesedihan berturut-turut.

sebenernya dari segi cerita, aku ga terlalu suka sama drama yang tokoh utama nya selalu tertindas. tapi, drama ini pengecualian. meskipun tokoh utamanya selalu tertindas, tapi aku ga bisa berhenti nonton drama ini. alasannya? chemistry para pemeran utama nya luar biasa. dan Urassaya bisa memerankan peran tokoh utama wanita nya dengan sangat baik.

Kleun Cheewit menceritakan tentang Jeerawat (Urassaya), seorang aktris papan atas yang tidak sengaja menabrak seorang wanita hingga meninggal. wanita yang ditabrak itu adalah Tiw, tunangan dari Sathit (Mark), seorang pengacara yang sangat terobsesi dengan keadilan.

karna satu dan lain hal, Jeerawat bebas dari tuntutan hukum atas kasus penabrakan tersebut. ia bahkan tidak dijadikan pelaku utama-nya, melainkan digantikan oleh supirnya yang mengaku sebagai tersangka. segala alat bukti yang menunjukan Jeerawat sebagai pelaku penabrakan tersebut pun hilang tak berbekas.
karna hal ini, Sathit sangat membenci Jeerawat.
ia menjadi terobsesi untuk membongkar kesalahan jeerawat dan menggunakan segala macam cara agar dapat membuktikan bahwa Jeerawat lah yang bersalah atas penabrakan tersebut.

Sathit jadi benci buta sama Jeerawat tanpa tahu kebenaran apa yang sebenarnya terjadi di kehidupan Jeerawat.

Jeerawat sebetulnya adalah wanita yang sangat baik. dia seperti landak yang berduri. ia menampilkan duri nya yang tajam di hadapan orang-orang agar dirinya tidak tersakiti. padahal sebetulnya hatinya sangat lembut.
masa kecilnya dihabiskan dalam kemelaratan tanpa ayah. ibunya dulunya adalah prostitute, lalu menikah dengan pria kaya raya agar bisa hidup mewah. jeerawat pun dikirim belajar ke luar negeri segera setelah ibunya menikahi pria kaya raya tersebut.
jeerawat merasa tidak pernah memperoleh kasih sayang dari ibu kandungnya sendiri, sehingga ia sangat membenci ibunya tersebut. ia memilih menjadi aktris yang independen dan menghasilkan uang sendiri tanpa harus meminta uang dari ibunya.

sebagai aktris papan atas, jeerawat kerap diterpa gosip-gosip yang tidak benar. ia dituding sebagai wanita tidak bermoral yang sering menjual tubuhnya kepada banyak lelaki untuk memperoleh popularitasnya. tetapi jeerawat tidak pernah ambil pusing dengan pandangan orang lain terhadap dirinya. ia sangat cuek menanggapi gosip-gosip miring tersebut.

alasan Jeerawat menabrak tiw adalah karena ayah tiri nya yang tidak bermoral. ayahnya berusaha memerkosa jeerawat dengan memberinya obat bius. jeerawat yang mencoba melarikan diri, tidak sengaja menabrak tiw karena pengaruh dari obat bius tersebut.
saat jeerawat ingin mengakui kesalahannya, ibunya memaksanya untuk tidak melakukan hal tersebut dengan mengancam keselamatan orang-orang terdekat jeerawat. ayah tirinya juga berupaya melenyapkan segala alat bukti untuk melindungi dirinya sendiri agar tidak ketahuan berusaha memerkosa jeerawat.

nah, dari segala kesalahpahaman tersebut itu lah hidup jeerawat dipenuhi kesengsaraan.
Sathit yang selalu berusaha memojokkan dia, orang-orang di sekitar dia yang selalu memfitnah dia, ayah tirinya yang jahat sama dia, ditambah rasa bersalah telah membunuh seseorang yang gabisa dilupakan oleh Jeerawat.

awal-awal gemes banget ngeliat sathit yang benci setengah mati sama jeerawat.
malah keliatannya jadi si sathit yang jahat, bukan jeerawat.

tapi namanya bunga, meskipun ditutupi kaya apapun pasti wanginya akan tercium juga. jadi pelan-pelan si sathit ini pun menyadari kalau Jeerawat itu ga jahat seperti yang dia pikir. jeerawat pun gabisa benci sama sathit karna ia selalu merasa bersalah atas meninggalnya tiw.

tapi orang bilang, benci itu beda tipis sama cinta kan. jadi lambat laun sathit sama jeerawat ini malah kaya magnet yang saling tarik menarik satu sama lain. saling jatuh cinta gitu.

i don't want to lie, but their intimates is on another level !

dari sekedar pandangan mata dan sentuhan-sentuhan kecil antara Sathit dan Jeerawat aja bikin aku merinding gitu nontonnya. dapet banget feels nya.

sukaaa banget deh pokoknya sama drama ini.
standing applause buat aktingnya Mark dan Yaya yang bisa se-intimate itu.

bahkan sampai detik ini pun, aku masih belum bisa move on dari drama Kleun Cheewit ini. superb !




4. NUAY LUB SALUB LOVE


sebenernya drama yang ini gabisa sih disejajarin sama tiga drama di atas yang menurutku excellence banget.
alasan aku memasukkan drama ini ke list adalah, karena drama satu ini konyol dan kocak banget.
ada adegan action nya gitu juga sebenernya, tapi menurutku kurang seru.

i watch this drama pure for comedy.

sumpah drama ini absurd dan konyoool banget sampe aku ga berhenti ngakak.

berkisah tentang tiga detektif yang sedang menyelidiki kasus penyelundupan narkotika di dunia entertainment, yang membuat mereka melakukan penyamaran undercover sebagai manajer artis dan staff perfilm-an.

Chang, salah satu dari tiga detektif itu, bekerja sebagai manajer artis bernama Nubdao, artis papan atas yang meskipun cantik tapi joroknya minta ampun. nubdao doyan makan, ga bisa masak, ga bisa bersih-bersih, males mandi.
sebagai manajer artis, Chang dituntut untuk berpura2 berakting sebagai pria gay.
jadi akhirnya Chang terpaksa pura-pura akting sebagai gay dan hidup bareng nubdao yang joroknya minta ampun dan ga menganggap dia sebagai cowok.

drama ini seru banget ditonton kalo kalian ga perduli sama jalan cerita yang ga masuk akal.
intinya, purely buat hiburan aja.

loves nubdao dan chang though πŸ˜‚

.

oke, kayanya segitu dulu aja ya.

nanti kalau ada waktu, aku lanjutin lagi buat review untuk drama yang lainnya.

anyway, ada sedikit fun facts nih tentang drama-drama di atas.
semua drama yang aku suka ini adalah drama produksinya channel CH3 Thailand.

ternyata aku baru sadar kalau aku suka banget sama genre drama-drama yang ditayangkan di CH3 ini. bahkan termasuk aktor-aktornya juga. sebut aja Mario Maureer, Urassaya, Bella reene, Mark Prin, Kimmy Kimberly, Nadech, dan lain sebagainya yang semuanya keren-keren banget menurutku.

go check it out guys, you'll never regret.

1 komentar:

  1. The Casino Queen Review: Bonuses, Software, Games
    With over μŠ¬λ‘―μ‚¬μ΄νŠΈ 200 무료 λ£°λ › κ²Œμž„ games, The Casino Queen software is available for you to play. 999betasia Play casino 3 3 ν† ν†  games with bonus spins, 유ν₯ μ‹Έμ΄νŠΈ instant deposits and withdrawals.

    BalasHapus

 

J U S T M Y S M A L L R O O M Template by Ipietoon Cute Blog Design