Kamis, 19 Juli 2012

HOLIDAY IN KOREA ^^ (Part 1)

Annyeoong Yeorobun ^^

hehe, udah lama banget nih ga nulis post. lagi males banget soalnya :p
tapi sekarang, karena beberapa waktu lalu gue abis jalan-jalan ke korea sama keluarga, pengen aja bagi-bagi cerita sama orang-orang.

korea, hmm.. negeri ginseng, tapi kalo menurut pandangan gue, berubah jadi negeri hallyu. ahaha, karena kalau kita sampai di korea pun, satu hal yang pertama kita lihat di bandara incheon internasional airport nya pun hallyu star :D dimana-mana ada gambar hallyu star. tapi sayang sih cuma gambarnya, bukan orang aslinya hehehe.


gue sama keluarga jalan-jalan sekitar seminggu di korea, dan kita pergi di awal musim panas. jadi pas kita sampe disini, pihak pariwisata korea lagi rame ngadain yang namanya SEOUL SUMMER SALE. dan itu, salah satu cara menarik wisatawan. buat wisatawan asing, asik banget lho seoul summer sale ini. kita turis, bisa dapet gratis free welcome gift di booth seoul summer sale di arrival incheon, isinya kupon2 discount buat belanja, makan, atau nonton pertunjukan, dan ada juga free sample dari kosmetik korea yang terkenal seperti etude, face shop, atau tony moly. jadi, buat yang juga mau pergi ke korea pas sekarang-sekarang ini, pas sampe incheon, jangan lupa mampir ke booth seoul summer sale ^^ orangnya ramah banget kok.

oh iya, tentang korea, orang-orang korea tuh rata-rata ramah banget *kalau pas pengalaman gue disana*, jadi kalau mau nanya-nanya sama orang korea ga usah takut malu, atau ga enak. ^^ tapi, dengan syarat, seenggaknya kalian ngerti bahasa korea meskipun cuma sedikit. saran gue sih bawa kamus. soalnya orang korea ini ga banyak yang jago bahasa inggris (terutama di minimarket nya). hehehe

oh iya, lanjut dari incheon. disana, gue sama keluarga dijemput sama tour guide yang asli orang korea (tapi untungnya jago bahasa inggris). selama 5 hari, kita jalan-jalan ke nami island, mt.seorak, everland, fish market, teddy bear museum, namsan tower, 63 building, buddhist temple, dongdaemun, myeongdong, palace, museum, nyobain sauna, kimchi school, dan masih banyak lagi.











nah, selama jalan-jalan itu, gue jadi punya banyak pengetahuan baru tentang korea hehe. mungkin ini bisa berguna buat kalian yang mau jalan-jalan ke korea juga.

1. meskipun katanya musim panas, tapi selama gue disana, gue cuma bisa merasakan bahwa kalau hujan itu udaranya bisa dingin banget sampe 18 derajat celcius, dan kalau sepanas-panasnya pun, hawanya kurang lebih sama kaya jakarta. jadi, kalau mau ke korea musim panas ini, saran gue bawa payung/jas hujan, karena musim panas mereka seringkali hujan. tapi kalau mau beli disana juga ga masalah kok, harga payungnya banyak yang murah, cuma sekitar 3ribu won. dan itu lucu-lucu. terus, bawa juga topi dan sunblock, jadi kalau lagi panas banget, kalian ga menghitam hehehe.

2. yang mau nyobain sauna (kaya yang ada di film2 korea), kalian bisa nemuin banyak tempat sauna di seluruh penjuru korea. harganya juga ga mahal-mahal banget kok, dan, kalian bahkan bisa nginep semaleman disana (kalau penasaran mau nyobain). soalnya bahkan disana disediain tempat buat tidur. tapi jangan berharap kasur empuk kaya di hotel ya hehe, soalnya tempat tidurnya cuma semacam matras dikasih bantal.

nah, hal penting tentang sauna ini adalah, pas kita bayar uang masuk sauna, masing-masing orang bakal dikasih baju ganti, handuk, sama kunci loker. pertama-tama kita ganti baju dulu di tempat loker (tempat cowok sama cewek dipisah yah), trus simpen baju kita di loker masing-masing (sesuai nomor kunci). setelah itu, masuk ke ruangan yang panas (ada banyak ruangan kaya gini), dan tunggu sampe keringetan. kalo ngerasa udah cukup berkeringat, pindah ke ruangan yang sangat dingin (ada banyak juga ruangan ini) supaya badan yang tadinya keringetan jadi fresh lagi. kalau udah kelar, bisa beli makanan di kantin (ada ice cream, telur rebus, snack dan semacamnya), terus istirahat sambil ngobrol-ngobrol di bale-bale hehe. pas aktivitas saunanya seperti ini, kita ga dipisah antara cewek sama cowok. pemisahan cuma dilakukan di ruang ganti / tempat mandi. nah, kalau udah ngerasa cukup istirahat di bale-bale, kita bisa balik lagi ke tempat khusus cewek/cowok buat mandi.
tentang mandi ini, hehehe, buat orang indonesia mungkin ga leluasa / risih kali yah. soalnya semua orang mandi di satu tempat yang sama ! jadi jangan ngerasa heran kalau ada yang telanjang bulat (karena emang semuanya kaya gitu). kalau pengalaman gue sendiri sih, karena risih, jadi gue memilih buat mandi di hotel aja. jadi kelar sauna, gue langsung ganti baju kaya biasa lagi, dan pergi pulang ke hotel, baru deh mandi. tapi buat yang ga ngerasa risih, kalian bisa langsung mandi disana. tapi jangan lupa ya, bawa sendiri perlengkapan mandinya hehehe.

3. mencari makanan halal buat yang muslim.
waaaah jujur aja ya susah nyari makanan halal di korea. rata-rata mengandung babi soalnya :( makanya buat yang muslim, sebelum beli makanan (entah di restoran atau minimarket) tanya dulu ke petugasnya "dweji gogi isseoyo? choneun dweji gogi anmokgo". nah itu artinya "ada daging babinya? saya ga makan daging babi". nanti pasti petugasnya ngerti deh :D terus dibantuin.

atau, bisa makan di restoran cepat saji kaya KFC, yang semuanya emang isinya ayam. rata2 harga seporsi makanan tuh 3000-12000 won. tergantung makanannya. tapi kalau makan di restoran yang mahal, bisa lebih mahal daripada itu hehe.

ada juga resto korea yang biasanya menyediakan makanan korea sepaket untuk 5 orang dengan harga 50000 won. bisa jadi pilihan buat keluarga. tapi inget, kasih tau dulu kalian ga makan daging babi buat yang muslim. atau bisa juga makan makanan di jalanan, kaya kue beras, atau teokpokki, ramyeon, dan semacamnya yang memang halal karena ga ada dagingnya. :D

di daerah itaewon, banyak orang india, dan restoran india / arab yang menyediakan makanan 100% halal, ini juga bisa jadi alternatif.  dan di itaewon juga kita bisa menemukan masjid.

4. transportasi.
kalau gue sama keluarga gue sih, sebenernya kemaren pake tour, jadi kita kemana-mana dianter mobil. tapi di hari terakhir, kita bisa nyobain naik subway, taxi, dan bus pas free time buat keliling seoul.
buat yang mau pergi ke korea, kalian ga perlu pusing sebenernya, karena disana ada banyak transportasi yang bisa kita gunain.
kalau berminat sewa mobil, kita harus merogoh kocek dalam, sekitar 1,5 juta rupiah selama 12 jam. transportasi seperti ini cocok buat orang tua yang capek kalau jalan lama hehehe. tapi kalau buat kita-kita yang masih muda, lebih enak naik subway, atau bus, atau taxi (kalau pengen lebih simple).

naik subway itu.. gampang, cepet, dan murah hehehe. yang pertama kita lakuin cuma beli tiket lewat mesin subway, terus tentuin tujuan akhir kita, dan terus tentuin buat berapa orang. nanti direction line nya muncul, terus kartu subway nya keluar deh. harganya cuma sekitar 1000-2000 won kok kalau masih di sekitar seoul. buat yang takut ga ngerti bahasanya, tenang, mesin ini bisa diganti bahasa ke bahasa inggris kok. ^^  tapi inget, kita harus punya jalur line subway supaya tau kita harus naik ke line apa trus transit di line apa untuk sampe ke tempat tujuan. kalau ada itu, naik subway jadi gampang banget. nah, nanti kalau kita udah sampe ke tempat tujuan, kartu nya bisa kita balikin ke mesin khusus refund card, dan nanti akan keluar uang 500 won untuk masing-masing kartu. ^^ sistem disana rapi banget deh, salute. tapi kalau naik subway, gue saranin jangan naik pas jam orang pulang kerja ya. soalnya rame banget !

naik bus, hmm ini juga gampang, selayaknya naik bus di jakarta aja. tapi sayang, jalurnya lebih ruwet dibanding subway kalo menurut gue. :D ini lebih disarankan untuk jarak yang sangat jauh, atau sebaliknya, sangat dekat.

naik taxi, hmm.. ternyata naik taxi ga mahal-mahal banget kok. dibanding nyewa mobil, gue saranin mending naik taxi. gue nyoba naik taxi dari han river park ke daerah deket gyeongbok palace. dan hasilnya, cuma keluar sekitar 5200 won. not bad, dibanding harus nyewa mobil yang jauh lebih mahal. tapi saran gue, ini cuma untuk jarak yang dekat ya, guys :D

oke, segini dulu ya. sisanya nanti dijelasin lagi ^^ semoga berguna

2 komentar:

  1. Bisa minta contact utk nyewa mobil d seoul sist??

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah udah gatau kemana nomornya :'( udah lama banget soalnya. tapi disana disediain kok informasinya di hotel2 gitu.

      Hapus

 

J U S T M Y S M A L L R O O M Template by Ipietoon Cute Blog Design