Kamis, 20 Desember 2012

REVIEW NOVEL : PROM NIGHTS FROM HELL (Pesta Prom dari Neraka)

I'm back with another review novels !!!!!!!! ^^

dan novel yang kali ini ingin kubahas adalah . . .

"PROM NIGHTS FROM HELL"



'Prom Nights from Hell' adalah buku yang berisikan gabungan lima cerita 'horror' tentang prom nights (malam prom).
cerita di buku ini ditulis oleh para penulis terkemuka, yang namanya udah ga asing lagi pastinya di telinga yang pernah membaca buku mereka, yaitu antara lain adalah Stephanie Meyer, Meg Cabot, Michele Jaffe, Kim Harrison, dan Lauren Myracle.

well, awalnya sih, jujur, pas ngeliat cover buku ini yang terkesan menyeramkan (dan entah kenapa membuat aku teringat pada film 'drag me to hell'), aku sama sekali ga kepikiran mau beli buku ini.
'kok kayanya ga menarik ya?', pikirku.
tapi karena beneran lagi suntuk parah, dan ga ada bahan tontonan atau bacaan, dan lagi males juga baca novel indonesia yang ceritanya kebanyakan ketebak semua, jadilah aku memutuskan untuk membeli buku ini. lagipula nama 'Stephenie meyer' sedikit membuatku tertarik (karena memang aku ini Twihard, kekeke). Jadilah akhirnya aku membeli buku ini, dan berakhir dengan membacanya.

dan ternyata... Ya ampyun, ini buku bahkan ga menyeramkan sama sekali ternyata (kecuali satu cerita yang sedikit creepy ), semua ceritanya bahkan ada unsur love story-nya hanya saja  berbau horror. jadi, buat kalian yang emang suka sama cerita semacam twilight, atau vampire diaries, atau warm bodies, ini bisa banget kok dijadiin koleksi. cukup menghibur walau ga ada yang berakhir klimaks.

Dan ini adalah review-ku dari masing-masing cerita :

1. 'Putri Sang Pembantai' - Meg Cabot (****)

Oke, dari lima cerita yang ada, ini adalah cerita kedua yang menjadi favorite ku. Cara si penulis bercerita gampang dicerna, ceritanya menarik, dan akhir ceritanya juga 'lumayan'.

'Putri sang pembantai' ini adalah cerita tentang Mary, putri dari seorang pembantai vampir, yang melancarkan aksinya di malam prom untuk membunuh 'Drake', Putra dari 'Dracula', karena dua alasan : (1) balas dendam atas apa yg telah terjadi pada ibunya, (2) menolong satu-satunya sahabatnya yang terpedaya oleh Drake dan akan dijadikan 'santapan'-nya berikutnya.
dan dalam aksinya ini, oleh karna suatu hal, ia dibantu oleh teman sekelasnya yang populer, Adam, yang sebelumnya tidak pernah berbicara dengannya. beragam kejadian pun akhirnya mendekatkan adam dengan mary.

well, sebenernya, it's a simply cute 'Boy meets girl' story, tapi bedanya di cerita ini ada bumbu 'horror'nya juga. dan, saat membacanya entah kenapa (entah - kenapa) aku bisa membayangkan sedikit 'aksi' mary yang mirip dengan katniss (hunger games). tapi bagaimanapun, aku menyukai cerita ini, terutama karakter mary dan adam.

2. 'Korsase' - Lauren Myracle (***)

Dari semua cerita yang ada, menurutku ini adalah cerita yang paling cocok dengan tema 'horror', dan akhir ceritanya pun bukan happy ending. Cerita korsase ini menurutku menarik, dan menurut penulisnya saat menulis cerita ini ia terinspirasi dari 'The Monkey's Paw' karya W.W.Jacobs yang bisa membuat orang yang membacanya ketakutan setengah mati.

saat membaca cerita ini aku memang tidak ketakutan setengah mati, tapi jujur, sedikit menakutkan, dan akan lebih menakutkan jika ada bentuk visualisasi-nya.

Korsase berkisah tentang permohonan 'Frankie' pada korsase tua yang dapat mengambulkan tiga permintaan, dan karena permintaan-nya tersebut ia harus berhadapan pada kenyataan yang mengerikan, bahwa lelaki yang ia cintai, tidak mungkin lagi dapat hidup di dunia ini apalagi datang ke pesta prom dengannya.

cerita ini mengajarkan bahwa, siapapun harus berhati-hati dalam membuat permohonan.

3. 'Madison Avery dan Malaikat Maut' - Kim Harrison (**)

Cerita ini bercerita tentang Madison Avery, yang ditipu oleh malaikat jahat saat pesta prom, dan akhirnya meninggal dunia sebelum waktunya pada usia 17 tahun (di hari ulang tahunnya, sekaligus malam prom). Ia bisa 'terlihat' seakan hidup kembali berkat batu ajaib, tetapi ia tetap pada keadaan tidak mati maupun tidak hidup. dan karena perintah kakek tua (yg entah siapa) ia mempunyai malaikat pelindung.

hmm, cerita yang ditulis oleh Kim Harrison ini menurutku memang unik, tapi sayangnya tidak jelas.
Saat membacanya aku lumayan merasa bosan, dan terkadang membolak-balik halaman karena kurang bisa mencerna isi ceritanya. ada beberapa tokoh yang kukira penting ternyata tidak penting, yang kukira tidak penting ternyata penting, dan ada tokoh yang bahkan tidak bisa kucerna sama sekali siapakah dia dan apa maksud kehadirannya (si kakek tua). 

dan yang paling menyebalkan adalah saat aku selesai membaca ceritanya, aku tetap tidak bisa mengerti maksud akhir ceritanya. (dan FYI, cerita ini memang ternyata belum tamat).

tapi jika kalian penasaran pada kelanjutan cerita ini, kalian bisa membaca kelanjutannya di buku "Once Dead, Twice Shy" yang ditulis Kim Harrison.

4. 'Pengakuan (Kiss and Tell)' - Michele Jaffe (****)

Ini adalah cerita favorite-ku dari semua cerita yang ada dalam buku ini !
alurnya menarik, ceritanya menarik, tokoh-tokohnya menarik, bukan tentang vampir, bukan tentang malaikat atau apapun, dan terkadang membuatku tertawa terbahak-bahak pada adegan-adegan yang konyol.

'Pengakuan' bercerita tentang Miranda Kiss, remaja 18 tahun yang kikuk, tetapi diam-diam memiliki kekuatan super. Ia sering mempelajari buku self-help untuk membantunya berbicara lebih baik, tetapi buku self-help itu malah terkadang membuatnya terlihat lebih bodoh (LOL). 
di Malam prom-nya, oleh karna suatu hal, ia malah 'terjebak' untuk menolong Sibby Cumean - gadis misterius berumur 14 tahun yang bawel dan bandit-tukang-cium - dari penculikan ! Dan di luar dugaan, kejadian ini malah menjadi pengalaman tak terlupakan bagi Miranda, dan membuatnya belajar lebih 'jujur'.

oke, cerita ini mungkin bukan tentang hantu atau makhluk gaib semacamnya, tapi tetap ada unsur 'mystery' dalam cerita 'pengakuan' ini.
Penulisnya juga benar-benar pandai dalam menyampaikan isi cerita maupun karakter tokoh-tokohnya, dan alurnya pun sangat menarik. 
akhir ceritanya juga bisa membuatku tersenyum sungringah. I love it :)

5. 'Neraka Datang' - Stephenie Meyer (***)

Khas dari stephenie meyer, cerita ini mempunyai tokoh utama pria yang jujur dan baik hati. tapi kebalikannya, tokoh utama wanita-nya justru gemar merusak kebahagiaan orang lain.

'Neraka Datang' berkisah tentang 'Sheba', Setan berwujud manusia, dan 'Gabe', Manusia setengah Malaikat, dan hubungannya dengan banyak orang dengan latar belakang 'Prom Night'.

Alur ceritanya bisa dikatakan lambat, tapi aku cukup menyukai ide cerita 'Neraka Datang' ini. dan tokoh cowok utamanya - Gabe, alangkah baiknya jika ada wujud visualisasi-nya *LOL*

Aku tidak akan menolak jika cerita pendek ini dibuat versi novel utuhnya <3 div="div">

Well, itulah review novel 'Prom Nights from Hell' secara keseluruhan. Semoga Membantu !

^^ kalau masih penasaran, silahkan membeli bukunya di toko-toko buku terdekat di rumah anda.









0 komentar:

Posting Komentar

 

J U S T M Y S M A L L R O O M Template by Ipietoon Cute Blog Design