Kamis, 02 Februari 2012

KKNM Kawungluwuk 2012




Akhirnya, setelah menjalani kehidupan bersama dengan Anak-Anak KKNM Kawungluwuk 2012 selama sebulan penuh sejak tanggal 2 Januari sampai 2 Februari 2012, tibalah saatnya kami berpisah, dan menjalani kehidupan biasa seperti sediakala. dan rasanya.. sedih dan kehilangan..

KKNM itu singkatan dari Kuliah Kerja Nyata Mahasiswa yang merupakan salah satu matkul wajib di Universitas Padjadjaran. nah kita semua mahasiswa dibagi-bagi per kelompok untuk di tempatkan di masing-masing desa setiap per-periode. dan, KKNM yang baru gue jalanin ini KKNM Periode awal 2012.

awalnya tentu kita semua belum saling kenal. kalo gue sih kenalnya awalnya baru sama Ine, dan Reza, karena kita sama-sama anak fakultas hukum angkatan 2008. nah, trus kita semua ditempatin di suatu desa yaitu Desa Kawungluwuk di Kecamatan Tanjung Siang, Subang. disitulah kita mulai saling mengenal, berinteraksi dan melakukan banyak aktivitas bersama.

Di desa kawungluwuk ini anak-anak KKNMnya terdiri dari gue, ine, reza, fuad, hanafi, isti, nabila, dinoy, aldo, edo, panji, mpus, sahal, dwi, restu, imam, june, army, dan sisca. Sahal yang juga Kordes kita (Bapak Kepala anak2) sama dwi itu anak MIPA, gue ine sisca dan reza anak HUKUM, fuad hanafi panji edo anak FIKOM, mpus dinoy restu imam anak PERTANIAN, army nabila sama isti anak SASTRA, aldo dan june anak FTIP.

Hari-hari awal kita masih gabut, bawaannya masih kepengen pulang (si ine nangis mulu kangen aghif haha), dan belum terlalu kenal satu sama lain. tapi lama kelamaan, seiring kita bareng2 terus akhirnya kita semua makin akrab.
kita tidur di rumah punya Mak Ijah, salah satu warga di kampung singkir desa kawungluwuk, berame2 ber-19 campur cewek-cowok. kamar (yg bisa ditempatin) cuma dua, jadi satu kamar ditempatin 5 orang (dan semua cewek), trus cowoknya pada tidur di ruang tengah sama ruang depan beralaskan karpet, kasur palembang, dan sleeping bag. tapi biarpun yang cewek tidur di kamar, jangan berharap kamarnya segitu nyamannya haha. karena selain atap kamar ada yang bolong (jadi anginnya semilir-semilir dingin dan agak menyeramkan), kita pun harus rela tidur berdempet2an dengan kaki yang bahkan keluar dari kasurnya lol (maaf teman-teman kalo gue makin merepotkan karna tidur suka nendang dan ngigo). kamar mandi kita? beeehh airnya kaya teh tarik haha (maklum air sawah - katanya). kita biasa ngantri kalo mau mandi, dan ketika kita udah makin kenal sama warga, banyak dari kita yang kerjaannya numpang mandi di rumah tetangga hahaha, bahkan sampai mandi di pom bensin ! alesannya? selain biar cepet, juga karena air yang lebih bersih (karena seperti yang gue bilang - air rumah kita kayak teh tarik warnanya, dan sering banget mampet). selain itu, di rumah juga ada satu tempat di dapur yang kita gunain buat cuci piring, cuci baju, bahkan mandi (kalo kepepet), sampai2 karena tempat itu ga punya pintu, kita bikin penutup sendiri pake trash bag item yang digantungin hahaha. kocak lah pokoknya.

Untuk urusan beres-beres rumah, sahal sudah membimbing kita dengan mengatur jadwal piket hohoho. Jadi setiap hari nya ada orang berbeda buat beres-beres rumah, mulai dari cuci piring, nyapu, ngepel (kecuali cuci baju dan bla bla bla lainnya yg urusan individual), dan kebetulan gue-fuad-dwi kebagian piket hari kamis (meskipun dwi pergi menghilang ke thailand 2 minggu meninggalkan gue dan fuad huhuhu). hari minggu ga termasuk jadwal piket, soalnya itu hari 'bebas' kerja ! haha (semua dikerjakan rame-rame dan sukarela).

Untuk urusan masak memasak, kita punya dua masterchef ! ada puspita mahaelani yang biasa kita panggil 'mpus, pita, puspi xD yang biasa memasakan kita aneka macam makanan yang enak (makasih mpus :*), juga tuan Sahal yang ternyata jago bikin soto haha (dan kalau sahal yang masak, jangan berharap ada bumbu2 mecin dan sebagainya yang akan merusak kesehatan xD). tapi meski gitu, kita semua tetep bantuin sang masterchefnya dong, entah ngulek, motong, atau sekedar bolak-balik dapur. kekeke. restu dan dinoy juga banyak berperan dalam urusan masak-memasak ini. untuk bahan masakannya, anak-anak suka gantian naik motor (punya fuad, panji, atau dwi) pergi ke pasar cisalak, atau kalau kurang bahan-bahan sayur, bisa minta ke tetangga kekeke. Tapi kita ga yang terus-terusan masak buat makan. soalnya, kita juga sering diajak ngeliwet sama ibu/bapak tetangga yang baik hati kaya Pak Koko, Mak eda, Mama Intan, Teteh bakso, Bu Efa, dsb. kita juga sering ngebolang nyari-nyari makanan. mulai dari beli bakso, duren, lotek, sate, nasi kuning, kupat tahu, beli cemil-cemilan di indomart atau alfamart, bahkan nitip makanan kaya KFC, Hokben, Mcd sama anak-anak yang lagi balik ke bandung kalo lg ada urusan. banyak juga ibu/bapak tetangga yang suka nyumbangin rambutan, pisang, nanas, manggis, rujak, sampai jengkol buat kita makan (duuh baik-baik banget :') ). dan seringnya, nabila dan isti lah yang mendapatkan banyak sumbangan itu buat kita-kita hahaha. Nabila isti daebak !

Kegiatan kita disana juga ada banyaaak banget ! dan suka dibagi-bagi orang-orangnya per masing2 grup. mulai dari awal2nya kita kenal2an sama ketua2 RW/RT nanya2 tentang aspek pemerintahan, pendidikan, ekonomi, budaya, sosial, dan kesehatan di desa, trus kita ngeliwet bareng di saung / kebon sama bapak/ibunya (masak dan makan rame-rame pake daun pisang, masaknya pake kayu bakar) yang sebelumnya harus menempuh perjalanan yang cukup jauuuuh dan menanjak-nanjak (gue, nabila, dinoy, dkk pernah merasakan pahitnya jatuh ke tanah saking licin dan curam jalannya), trus jalan-jalan ke sawah sekedar jalan-jalan sore (seringnya ikut bareng ine,panji,edo,mpus), bantu-bantu si ibu nyabut hama di sawah (sampe si edo dan ine kasian kakinya jadi bentol-bentol gitu), ngajar ke SD Madrasah Al-Iftiros, ngajar ke SDN Kawungluwuk, bahkan bikin jadwal ngajar di rumah (anak-anak banyaaaak banget yg belajar di rumah). jadwal belajar di rumahnya sih cuma senin-kamis jam 3-5 sore, tapi anak2 hampir tiap hari dateng tuh nyatanya hahaha (dan banyak yang doyan main PS - sampe2 kadang kita kesel karena mereka bukannya belajar malah main ps mulu). kita juga suka piknik bareng ! awal-awal pernah ke subang bareng2 sama edo,panji,ine,isti,nabila,hanafi. itu jadi perjalanan pertama yang sangaaaat sangat menyenangkan ! penuh canda tawa, senyum, dan banyak kejadian kejadian kocak (nabila isti tidurnya yang lucu banget lah, hanafi jadi playboy antara dua wanita lah, banyak deh haha), trus piknik bareng anak-anak yang biasa kita ajar (iyus, milah, nyai, nanang, ryad, eki, ucup, rio, deni, dll) bareng mpus, ine, aldo, sahal, army, hanafi, isti, nabila, dwi ke Sungai Gn.Patanya - kita main air di sungai yang jernih banget sambil ketawa2 setelah sebelumnya musti jalan kaki 8 KM ! tapi jauh pun ga berasa karena kita kesananya rame-rame, dan itu asik banget ! ^^ mana airnya seger banget. the best lah. trus bikin rengginang dan bakar opak bareng mpus, edo, panji, ine, dan teteh bakso. ke depan makan duren dan bakso rame-rame. waah banyak banget kegiatan kita selama disana, gue sampe bingung kalo harus ngejelasin satu-satu.

kalo lagi gabut di rumah, kerjaan kita itu biasanya main kartu (Poker, Tepok nyamuk, Cangkul, 41, setan-setanan, babi-babian), main UNO, main polisi-polisian, main jempol, truth or dare, baca novel (sampe kaya perpustakaan - semua berjejer tiduran baca novel), nonton running man, we got married seohyun-yonghwa, nonton film setan rame2, cerita-cerita setan, nyanyi abg tua-nya sahal (haha), nyanyi isti sedunia (hahaha yang ini kocak banget), sampe cerita-cerita atau sekedar nyekil-nyekil bareng semua anak-anak. santai, bercanda, ketawa-ketawa, rame dan menyenangkan banget ! juga ada DJ dinoy yang selalu setia memutarkan lagu-lagu, trus reza dan june yang jadi ahli gitar dan sering nyanyi lagu2, reza sering memandang bintang di atap deket wc sambil bersenandung, ine edo panji mpus yang main layangan bareng anak2 kecil, hanafi ami dan sahal yang selalu setia bermain dengan anak2 terutama ryad, isti nabila siska yang sering ke rumah warga trus bawain kita makanan, siska yang setia main bareng eki, aldo imam dkk yang sering main ps sambil ketawa2, fuad yang asik dengan games2 di pc laptopnya, dinoy yang selalu bikin kita ketawa. banyak deh. suka-duka bareng-bareng, bahkan sakit rame-rame (flu dan diare yang bergantian haha), semuanya jadi kenangan banget.

lagu I'm a loner nya CNBlue sama abg tua-nya sahal pokoknya Hip banget deh, sering banget dinyanyiin pas kknm. pas mau acara penutupan kita jadi sering nyanyiin lagu2nya sheila on 7 kayak 'kita', 'kisah klasik', project pop, dan juga peter pan. oh iya, di desa kita anak-anak kecilnya kreatif banget lho. buat penutupan, ada yang tampil nari lagu cherry belle yang 'beautiful', ada yang main rebana, ada yang nari justin bieber 'latin girl', dan mereka suka latihan di rumah kalau sore. seru banget. anak-anak juga banyak banget yang cute-cute. kalau favorit sih si adit (yang gendut, cute, mirip bocah 'UP' dan pemalu gitu), trus si lastri yang super cuteee banget (calon kembang desa), dan jennifer yang ngikutin hanafi mulu ahahaha.

kalau menurut gue sendiri, anak-anak KKNM Kawungluwuk itu masing-masing unik dan punya karakter sendiri-sendiri ^^ ada june dan reza yang seneng banget main gitar, ada aldo si 'baby huwi' yang doyan main ps dan narsis (ini siapa yang bikin sebutannya gue juga gatau siapa, tp kocak haha), ada dinoy yang gaul dan kocak banget, restu yang cantik dan kocak bareng imam, mpus si jago masak dan selalu menyanyi 'lonely' 2ne1 atau oetoriya nya CNBlue, sahal si kordes kita yang bijaksana dan koplak hahaha, isti nabila yang doyan ketawa, army yang sangat ramah dan suka membantu gue (makasih ya armyy), dwi yang ahli biologi dan narsis banget ahaha, fuad yang mirip 'office jerk' suka fotografi dan setia pada laptopnya (tapi ga jerk kok), ine my bestfriend yang cantik dan baikkk hati juga bertingkah ajaib haha, panji yang dewasa dan suka senyum dan ketawa, edo yang suka teriak 'MPUUUUSSS' atau 'RESTUUUUUUUUUU' yang juga suka konyol dan merusak lirik lagu hahaha (tapi edo best deh), dede hanafi yang kalem dan seneng main sama anak-anak (tapi juga playboy cap sawah bareng dwi haha), siska yang pendiem tapi ga pendiem (loh) dan seneng main sama eki haha, dan terakhir gue yang... gue gatau.

pokoknya kenangan KKNM itu bener-bener ga bisa terlupakan (meskipun sekarang kita udah pisah lagi). Semoga kita semua bisa tetep jadi teman yang baik ^^ dan semoga kita bisa bareng2 ke desa kawungluwuk lagi ketemu warga disana.

segini dulu ya, nanti gue bakal bikin entri baru lagi tentang KKNM, tapi fokus sama acara penutupannya.
I smurf youuu kawungluwuk :* <3

0 komentar:

Posting Komentar

 

J U S T M Y S M A L L R O O M Template by Ipietoon Cute Blog Design